PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRODUCTION BASED TRAINING (PBT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA KELAS X TKJ DI SMKN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

AN’AMI, TSARONI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRODUCTION BASED TRAINING (PBT) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN DASAR SISWA KELAS X TKJ DI SMKN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI TSARONI AN’AMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran PBT terhadap minat belajar siswa; (2) menganalisis pengaruh model pembelajaran PBT terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Praya dengan jumlah 84 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dan diperoleh kelas X TKJ sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa dan kelas X RPL sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket digunakan untuk mengukur minat belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent Sample T Test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran PBT berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu 7,996>2,006 dan sig(2-tailed) 0,000<0,05; (2) model pembelajaran PBT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung>ttabel yaitu 4,537>2,006 dan sig(2-tailed) 0,000<0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran PBT berpengaruh terhadap pembelajaran pemrograman dasar. Kata Kunci : Production Based Training, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 25 Feb 2021 08:08
Last Modified: 25 Feb 2021 08:08
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4379

Actions (login required)

View Item View Item