MUSTIKAWARNI, BAIQ (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA CANGPLUNG (CARA BERHITUNG CEMPLUNG) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SDN 1 MARONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga cangplung (cara berhitung cemplung) terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 1 Marong Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Selong: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi, Oktober 2017. “Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan Per-Eksperiment, bentuk desain Per-Eksperiment yang digunakan adalah one group prestest posttes desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas II SDN 1 Marong Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa. Cara pengambilan sampelnya adalah Sampling Jenuh. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Setelah analisa data dilakukan, diperoleh data koefisien determinasi yaitu 0,807 dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 80,7% yang berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga cangplung (cara berhitung cemplung). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga cangplung (cara berhitung cemplung) terhadap hasil belajar matematika kelas II SDN 1 Marong Tahun 2017/2018. Kata kunci: alat perga cangplung (cara berhitung cemplung) dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 02:34 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 02:34 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4437 |
Actions (login required)
View Item |