RIKI ASTRIANI, DEVI (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN MAMBEN LAUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SLRIPSI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Devi Riki Astriani ( 2017). Pengaruh pembelajaran problem based learning melalui pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Mamben Lauk tahun pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Selong, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning melalui pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Mamben Lauk tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Mamben Lauk tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik nonprobability sampling. Kelas V SDN 4 Mamben Lauk sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas V SDN 1 Mamben Lauk sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t dua pihak yaitu polled varian dengan taraf signifikan 5%. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,74 > 1,99) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran problem based learning melalui pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN Mamben Lauk tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Problem based learning, explicit instruction, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 03:56 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 03:56 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4445 |
Actions (login required)
View Item |