HARTINI, SRI (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 02 KEMBANG KERANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI 1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Kembang Kerang menggunakan model pembelajaran dramatic learning. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa dengan 10 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam beberapa siklus, Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan Rubrik penilaian berbicara. Data dianalisis menggunakan Statistik deskriptif untuk mencari rata-rata. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru siklus I skor 58 atau 63% kategori “baik”, siklus II skor 80 atau 86,95% kategori “baik sekali”. Observasi aktivitas siswa siklus I skor 30 atau 64,58% kategori “baik” siklus II skor 43 atau 89,6% kategori “baik sekali”. Sedangkan rubrik penilaian berbicara siklus I kondisi awal skor 2 kategori “cukup” dan ketuntasan klasikal 60,2%, meningkat menjadi skor 2 kategori “cukup” dan ketuntasan klasikal 68,1%. Pada sikus II keterampilan berbicara mengalami peningkatan dengan kondisi awal skor 2 kategori “cukup” dan ketuntasan klasikal 68,1%, meningkat menjadi skor 3 kategori “baik” dan ketuntasan klasikal 77,2%. Jadi, dapat disimpulkan penggunaan dramatic learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Kata Kunci: dramatic learning , keterampilan berbicara.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 04:30 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 04:30 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4453 |
Actions (login required)
View Item |