PENGEMBANGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN 2 TERARA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

SRI PARWATI, EKA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN 2 TERARA TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media crossword puzzle berbasis komputer dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 2 Terara tahun pelajaran 2017-2018. 2) mengetahui kelayakan produk media crossword puzzle berbasis komputer dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 2 Terara tahun pelajaran 2017-2018 berdasarkan validasi/penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran IPA. 3) mengetahui pendapat/respon siswa mengenai penggunaan media crossword puzzle berbasis komputer dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) namun hanya dilaksanakan pada tahap implementasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran IPA dan diuji cobakan kepada 28 siswa kelas pada siswa kelas V SDN 2 Terara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Analysis, berdasarkan analisis produk yang sesuai untuk dikembangkan sebagai media pembelajaran dalam materi alat pernapasan pada manusia adalah Crossword Puzzle berbasis komputer. 2) Design, pada tahap ini peneliti membuat desain media (storyboard); penyusunan materi, soal dan jawaban; pengumpulan dan pembuatan background, gambar, dan tombol; perangkat keras dan lunak yang dibutuhkan serta penyusunan instrumen penilaian media dilanjutkan ke tahap pengembangan media. 3) Development, pada tahap ini dilakukan pembuatan media, validasi ahli materi dan ahli media, revisi media, dan validasi oleh guru IPA. Tingkat kelayakan media crossword puzzle berbasis komputer berdasarkan penilaian: (1) ahli materi diperoleh nilai aktual 108 termasuk kategori “Layak” (2) ahli media diperoleh nilai aktual 45 termasuk kategori “Layak” (3) praktisi pembelajaran IPA diperoleh nilai aktual 128 termasuk kategori “Layak”. 4) Implementation, pada tahap ini media memperoleh presentase respon siswa yang menjawab “Ya” lebih besar dari presentase respon siswa yang menjawab “Tidak” dari siswa maka produk yang dihasilkan “Layak” digunakan oleh siswa yang berarti media mendapat respon positif dengan. Siswa berpendapat bahwa media dikemas dengan menarik, soal disampaikan dengan jelas, mendorong rasa ingin tahu, menambah pemahaman IPA, dan menambah motivasi belajar IPA. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Crossword Puzzle, media berbasis komputer, ADDIE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:34
Last Modified: 03 Mar 2021 07:34
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item