KONTRIBUSI GURU DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SDN AMBAT KECAMATAN JANAPRIA 2018/2019

NURBUATI, SRI (2019) KONTRIBUSI GURU DALAM PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SDN AMBAT KECAMATAN JANAPRIA 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan oleh guru dalam pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan perpustakaan sekolah, mengetahui kendala apa yang dialami guru dalam pengelolaan perpustakaan serta apa upaya yang dilakukan oleh guru dalam pengelolaan perpustakaan sekolah.Adapun jenis penelitian metode kualiatif. Guru memberikan kontribusi dalam pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di SDN Ambat Kecamatan Janapria, bisa dilihat dari strategi yang digunakan guru dalam pengelolaan perpustakaan, yaitu (a) upaya dan strategi dalam mengatur koleksi perpustakaan. (b) menyediakan sarana dan prasarana bagi pengguna perpustakaan. (c) mengadakan pelayanan kunjungan dan peminjaman buku perpustakaan. (d) mengupayakan anggaran untuk pengelolaan perpustakaan. (e) melakuka perawatan terhadap koleksi perpustakaan. (f) adanya integrasi perpustakaan dengan kurikulum sekolah. Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung : adanya sarana dan rasarana yang disediakan sekolah untuk menunjang fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Faktor penghambat: (a) motifasisiswa. (b) fasilitas. Kendala yang dialami guru dalam pengelolaan perpustakaan adalah : pengadaan bahan pustaka. Kata kunci: Kontribusi Guru, Pengelolaan Perpustakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:27
Last Modified: 04 Mar 2021 03:27
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4477

Actions (login required)

View Item View Item