PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI NW DASAN LEKONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KHOTIMAH, HUSNUL (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI NW DASAN LEKONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skrip.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap penanaman karakter dan hasil belajar matematika siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan B. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan skala 4 dan uji-t rumus polled varian . Hasil hipotesis angket siswa pada kelas eksperimen, yaitu “baik”, dengan rata-rata jumlah skor siswa 48 (54,48 > X ≥ 48,00) sedangkan pada kelas kontrol, yaitu “kurang ”, dengan rata-rata jumlah skor siswa 40 (40,05 > X ≥ 37,80) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap penanaman karakter siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018 dan hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (8,13 > 2,02) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: model problem based learning, penanaman karakter dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:43
Last Modified: 04 Mar 2021 03:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4478

Actions (login required)

View Item View Item