KHOTIMAH, HUSNUL (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENANAMAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI NW DASAN LEKONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
skrip.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap penanaman karakter dan hasil belajar matematika siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A dan B. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Data dianalisis menggunakan skala 4 dan uji-t rumus polled varian . Hasil hipotesis angket siswa pada kelas eksperimen, yaitu “baik”, dengan rata-rata jumlah skor siswa 48 (54,48 > X ≥ 48,00) sedangkan pada kelas kontrol, yaitu “kurang ”, dengan rata-rata jumlah skor siswa 40 (40,05 > X ≥ 37,80) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap penanaman karakter siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018 dan hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (8,13 > 2,02) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI NW Dasan Lekong tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: model problem based learning, penanaman karakter dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 03:43 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 03:43 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4478 |
Actions (login required)
View Item |