PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VI SDN 04 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ERNAWATI, SRI PUJI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS VI SDN 04 MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI REVISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VI Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI di SDN 4 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik Random Sampling. Rancangan penelitian ini yang digunakan adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan pilihan ganda berjumlah 25 soal, untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakanuji t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata nilai yaitu 83,33 pada kelas posttest dan pretest rata-rata nilai yang didapatkan yaitu 67,86. Hasil ini penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel (5,429 > 2,086) pada taraf signifikan 5% (Ho ditolakdan Ha diterima). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VI SDN 04 Masbagik Utara tahun pelajaran 2019/2020 Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar , IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:30
Last Modified: 04 Mar 2021 03:30
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4479

Actions (login required)

View Item View Item