FEBRIA SUCIANA, LINDA (2018) TINGKAT KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MELALUI STRATEGI RESEPTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 1 LENEK DAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat keterampilan membaca dan menulis melalui strategi reseptif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN I Lenek Daya tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertempat di SDN I Lenek Daya. Penelitian ini menggunakan satu kelas yang jumlah siswanya 30 orang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan penelitian eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimental dengan bentuk design pre�test post-test control group. preetest dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, sedangankan posttest dilakukan sesudah melakukan pembelajaran. Adapun instrumen yang digunakan untuk pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian untuk mengukur keterampilan membaca dan menulis. Berdasarkan hasil penelitian, peroleh dari membaca preetest dan posttest nilai rata-rata 67 dan 74. Sedangkan untuk menulis preetest dan posttest nilai rata-rata 67 dan 75,8. Dari hasil ini terlihat bahwa adanya perbedaan signifikan antara preetest yang tidak diberikan perlakuan dengan posttest yang diberikan perlakuan menggunakan strategi reseptif. Maka dapat dismpulkan bahawa strategi reseptif bisa meningkatkan keterampilan membaca dan menuis siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: Strategi Reseptif, Keterampilan Membaca dan Menulis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 01:45 |
Last Modified: | 09 Mar 2021 01:45 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4515 |
Actions (login required)
View Item |