Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Jigsaw Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Ekonomi SMA

Fahrurrozi, Muh and Dartika Sari, Desi Nila (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Jigsaw Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Ekonomi SMA. Pendidikan Ekonomi, 05 (02). pp. 49-59. ISSN 2622-9021

[img] Text
Efektivitas Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Jigsaw Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Ekonomi SMA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui p efektivitas model pembelajaran two stay two stray dan jigsaw dilihat dari keaktifan dan hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMA. Penelitian ini adalah jenis Eksperimen. Pada penelitian ini peneliti ingin membandingkan dua model pembelajaran, dengan penelitian studi perbandingan (komparasi). Hasil penelitian yang diperoleh skor rata-rata keaktifan siswa untuk kelas eksperimen I pada Pretest sebesar 71,93 dengan kategori aktif dan skor rata-rata pada Posttes sebesar 88,93 dengan kategori sangat aktif sedangkan untuk kelas eksperimen II skor rata-rata pada Pretes sebesar 74,6 dengan kategori aktif dan skor rata-rata Posttes sebesar 90,66 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan untuk skor rata-rata hasil belajar siswa pada pretest adalah 46,20, dan untuk posttest diperoleh skor terendah 39 dan skor tertinggi 79 dengan jumlah skor keseluruhan siswa Σfx = 1626 dan banyak siswa N= 24, sehingga skor rata-rata hasil belajar siswa pada posttest sebesar 67,75. skor rata-rata hasil belajar siswa pada posttest sebesar 68,29, jika skor rata-rata tersebut dikonsultasikan berdasarkan pengkategorian yang ada pada lampiran 28 maka hasil belajar siswa pada pretest dikategorikan sedang, dan untuk posttest dikategorikan tinggi. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Jigsaw, Keaktifan, Hasil Belajar

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dr. Muh. Fahrurrozi
Date Deposited: 17 Jun 2021 06:32
Last Modified: 17 Jun 2021 06:32
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4517

Actions (login required)

View Item View Item