PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MI NW SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN

NI’AYAH, NI’AYAH (2017) PENGARUH METODE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV MI NW SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Course Review Horay tehadap hasil belajar matematika siswa kelas IV MI NW Sukamulia tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah populasi 25 siswa adapun pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Rancangan yang digunakan adalah pre eksperimental design dengan jenis One- Group Pretest Postest design. Instrumen yang digunakan adalah soal bentuk essay sebanyak 10 soal. Data yang didapatkan dari hasil uji coba kemudian ditentukan validitas dengan hasil 10 soal yang diuji cobakan valid karna thitung > ttabel, kemudian ditentukan reliabilitas dengan hasil thitung > ttabel yaitu 0,912>0,404 sehingga dapat dikatakan reliabel, setelah itu ditentukan tingkat kesukaran soal dengan hasil 6 soal dikategorikan sedang dan 4 soal dikategorikan sukar, dan untuk daya beda soal dikategorikan sangat baik berdasarkan kriteria daya beda dengan hasil hitung 0,63. Sedangkan data yang dikumpulkan dari hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan meggunakan uji normalitas dengan hasil pretest berdistribusi normal dengan hasil thitung < ttabel yaitu 6,26 < 11,070 dan untuk hasil post-test juga berdistribusi normal dengan hasil 6,26 < 11,070 karena thitung < ttabel dan untuk uji linieritas menunjukkan data linier karena fhitung < ftabel dengan hasil 1,88 < 2,66 dan pegujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung 4,79 dengan harga ttabel yaitu 1,714 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Course Review Horay berpengaruh tehadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI NW Sukamulia tahun pelajaran 2017/2018. Kata kunci: Metode Course Review Horay, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:08
Last Modified: 09 Mar 2021 07:08
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item View Item