Fahrurrozi, Muh. and Abdul Majid, Muhip (2017) PENGEMBANGGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMAN 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Pembelajaran Ekonomi, 1 (1). pp. 57-67.
Text
PENGEMBANGGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMAN 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2017.pdf Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan pembeajaran di SMA Negeri 1 Selong menunjukkan adanya kendala pada pembelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selong yang disampaikan oleh guru mata pelajaran, diantaranya: kurangnya inovasi penerapan model pembelajaran yang dapat mengkonstruksikan ide-ide dan pengetahuan siswa, dan kurang tuntasnya pembahasan materi pembelajaran sehingga ada beberapa materi tertinggal. Salah satu upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah mengembangkan dan mengimplementasikan model blended learning berbasis Edmodo pada pembelajaran Ekonomi dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan online. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan perencanaan,mengimplementasikan, dan menguji keefektifan pembelajaran dengan model blended learning pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMAN 1 Selong.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswakelas XI IPS SMAN 1 Selong. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelasXI IPS1 dan XI IPS2 yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, tes, dan angket/kuisioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran dan Modul Praktis dengan model blended learning berbasis Edmodo layak digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran di kelas; (2) model pembelajaran dan modul praktis blended learning berbasis Edmodo dapat diimplementasikan sesuai perencanaan yang mencakup orientasi, organisasi, investigasi, presentasi, analisis, dan evaluasi; (3) pembelajaran dengan model blended learning berbasis Edmodo terbukti efektif dilihat dari segi (a) hasil belajar Ekonomi yang menggunakan model blended learning berbasis Edmodo >75 dan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model blended learning berbasis Edmodo dan kelompok yang tidak menggunakan model blended learningberbasis Edmodo; (b) proses berupa peningkatan kemandirian dan motivasi belajar siswa yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini disarankan perlunya pengembangan model blended learning berbasis Edmodo sebagai suplemen pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran Ekonomi dan mata pelajaran yang lain. Fahrurrozi, Majid, Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo... 58 Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran, Model Blended Learning, Edmodo, Mata Pelajaran Ekonomi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi |
Depositing User: | Dr. Muh. Fahrurrozi, S.E., M.M. |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 06:33 |
Last Modified: | 17 Jun 2021 06:33 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4537 |
Actions (login required)
View Item |