PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR LOMBOK TIMUR

Damarullah, Muhra and Fahrurrozi, Muh. and Subhani, Armin PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR LOMBOK TIMUR. PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR LOMBOK TIMUR, XXI (1). pp. 218-229. ISSN ISSN: 2301-6671

[img] Text
Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Lombok Timur_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Lombok Timur_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Lombok Timur_.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Peningkatan kualitas guru.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai karakter ke dalam pembelajaran IPS siswa kelas V (lima) di Sekolah Dasar, untuk mengetahui ruang lingkup penguatan pendidikan karakter, untuk mengetahui bagaimana menerapkan falsafah Ki Hadjar Dewantara. pendidikan karakter, mengetahui dasar-dasar gerakan penguatan pendidikan karakter, mengetahui nilai-nilai pokok dari karakter prioritas penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari informan dan perilaku yang diamati. Peneliti harus memiliki pemikiran kritis sebagai landasan yang kuat dalam mengumpulkan data primer. Peneliti tidak menggunakan istilah populasi tetapi disebut situasi sosial yang terdiri dari tempat, pelaku, dan aktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter yang diinternalisasikan di SD Negeri 3 Pringgabaya Utara Lombok Timur telah diimplementasikan dalam RPP. RPP yang digunakan adalah satu lembar RPP dengan ketentuan memuat tujuan pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan penilaian. RPP harus efisien, efektif dan berorientasi pada siswa. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, kokurikuler, nonkurikuler juga diinternalisasikan nilai-nilai karakter, sehingga nilai-nilai karakter tersebut akan membentuk mental, pola pikir, dan kepribadian siswa baik dari segi agama, norma, budaya, sosial dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meredakan kesulitan belajar pada populasi pandemi Covid-19, digunakan kurikulum darurat (dalam kondisi khusus). Kata-kata kunci: Karakter, internalisasi, studi sosial, kualitatif

Item Type: Article
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dr. Muh. Fahrurrozi, S.E., M.M.
Date Deposited: 17 Jun 2021 06:33
Last Modified: 17 Jun 2021 06:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4548

Actions (login required)

View Item View Item