PENGARUH MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 2 DENGGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JAYA, SUPRIADI (2019) PENGARUH MODEL PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN 2 DENGGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah yang dihadapi selama ini dalam kegiatan belajar mengajar di SDN 2 Denggen yaitu guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, demonstrasi, dan latihan menjawab soal. Cara mengajar seperti ini tidak efektif karena tidak mempertimbangkan kesesuaian bahan pelajaran dengan kebutuhan, dan pemahaman siswa untuk mempelajari bahan-bahan yang disampaikannya Selain itu juga penggunaan metode tersebut tidak melibatkan siswa secara aktif sehingga peran guru lebih banyak dan menyebabkan suasana pembelajaran menjadi kurang menarik, monoton dan membosankan bagi siswa. Hal ini tentunya akan menurunkan hasil belajar dan siswa belum bisa mencapai KKM. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan melibatkan semua siswa pada kelas V dengan jumlah siswa 48 orang pada Tahun Ajaran 2018/2019. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen True eksperimental design dengan jenis pretest-posttest control group design. Adapun instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan pilihan ganda untuk tes hasil belajar siswa dengan soal yang berjumlah 15 butir soal untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan dari hasil evaluasi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang kemudian dianalisis dengan meggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan pegujian hipotesis menggunakan bantuan Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa tes hasil belajar siswa pada kelas kontrol mencapai skor rata-rata yang tidak jauh berbeda dengan kelas eksperimen dengan rentangan skor 47 untuk kelas eksperimen, dan 45,5 untuk kelas kontrol. Berpengaruhnya perlakuan juga diperkuat oleh hasil uji hipotesis dimana nilai t hitung yang didapat lebih besar dari nilai t tabel. Hal ini berarti bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran partisipatif dapat berpengaruh terhadap hasil belajar bahasa indonesia kelas V SDN 2 Denggen tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: meningkatakan hasil belajar bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:26
Last Modified: 02 Aug 2021 03:26
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4616

Actions (login required)

View Item View Item