KHAIRUL FATIHI, MUHAMMAD (2020) MAKSIM KESANTUNAN PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR KELAS VIII A MTS. MUALLIMAT NW PANCOR TAHUN AKADEMIK 2020/2021. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.
Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maksim kesantunan dalam berbahasa santriwati di MTs. Mu’allimat NW Pancor kelas VIII A tahun ajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui faktor ketidaksantunan santriwati MTs. Mu’allimat NW Pancor kelas VIII A dalam berkomunikasi tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak, observasi, catat, dan rekam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya maksim kesantunan pada saat proses belajar mengajar siswa kelas VIII A MTs. Muallimat NW Pancor sebanyak 20 bentuk. Maksim pujian empat bentuk, maksim kearifan empat bentuk, maksim kerendahan hati empat bentuk, maksim kesimpatian empat bentuk, maksim kemufakatan/kesepakatan dua bentuk, maksim kedermawanan dua bentuk. Adapun ketidak santunan santriwati disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: kritik secara langsung dengan kata-kata kasar, protektif terhadap pendapat, sengaja memojokkan mitra tutur, dorongan rasa emosi penutur. Kata Kunci: Maksim Kesantunan, Ketidak santunan, Komunikasi, ustadzah dan santriwati
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa Indonesia > Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 02:31 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 02:31 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4661 |
Actions (login required)
View Item |