KEMAMPUAN GURU DALAM MENILAI ASPEK AFEKTIF

Mohzana, Mohzana and Hary Murcahyanto, Hary and Muh. Fahrurrozi, ozi (2021) KEMAMPUAN GURU DALAM MENILAI ASPEK AFEKTIF. Journal of Education and Instruction, 4 (1). ISSN 2614-8617

[img] Text
28. KEMAMPUAN GURU DALAM MENILAI ASPEK AFEKTIF.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru MTs NW Kecamatan Aikmel menilai aspek afektif pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penilitian adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah guru bahasa Indonesia yang dipilih secara purposive sampling atau sampel bertujuan. Objek penelitian ini adalah penilaian dalam ranah afektif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam menilai ranah afektif tidak membuat indikator yang tepat sesuai Kata Kerja Operasional, penilaian juga tidak memperhatikan SK-KD dan karakteristik ranah afektif. Maka perlu disarankan untuk memberikan penilaian ranah afektif yaitu menggunakan penilaian non-tes, dalam penelitian ini yang disarankan adalah menggunakan kuesioner untuk mengukur seluruh karakteristik ranah afektif yaitu sikap, minat, konsep diri, nilai dan moral. Simpulan, secara keseluruhan instrumen penilaian ranah afektif sudah baik dan dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam ranah afektif oleh guru. Berdasarkan penelitian ini, untuk guru bahasa Indonesia yang ingin mengembangkan instrumen penilaian ranah afektif hendaknya diperhatikan kesulitan dalam penyusunan instrumen. Kata Kunci: Kemampuan Guru; Penilaian Aspek Afektif

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Pendidik
Depositing User: Dr. Muh. Fahrurrozi, S.E., M.M.
Date Deposited: 23 Nov 2021 03:00
Last Modified: 23 Nov 2021 03:00
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item View Item