PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING PADA MAHASISWA

Mohzana,, Mohzana and Muh. Fahrurrozi, ozi and Hary Murcahyanto, Hary (2021) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING PADA MAHASISWA. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4 (1). ISSN 2614-8617

[img] Text
11. PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING PADA MAHASISWA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki kesiapan e-learning di kalangan mahasiswa dan membandingkan persepsi mahasiswa tentang beban kerja mahasiswa termasuk kondisi mental, fisik, temporal, kinerja, upaya, dan rasa frustrasi. dalam pengaturan e-learning dan perkuliahan biasa. Metode kuantitatif digunakan dlam penelitian ini. Menggunakan teknik survey dengan instrument data berupa kuesioner dari 51 sampel data. Survei dilakukan dengan mahasiswa Fakultas Bahasa Seni dan Humaniora Universitas Hamzanwadi. Teknik analisis data menggunakan aplikasi NASA-TLX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki tingkat kesiapan e-learning yang tinggi. Beban kerja mental secara signifikan lebih tinggi dalam e-learning daripada dalam pembelajaran tatap muka. Korelasi antara kesiapan e-learning dan beban kerja mental tidak signifikan. Simpulan dari penlitian ini adalah kesiapan e-learning yang tinggi mahasiswa karena sebagian besar sudah memiliki keterampilan teknis sedangkan kesiapan terendah pada perilaku belajar saat menggunakan e-learning. Beban kerja mahasiswa termasuk kondisi mental, fisik, temporal, kinerja, upaya, dan rasa frustrasi lebih tinggi pada saat penggunaan elearning daripada perkuliahan biasa. Kata kunci: e-learning; beban kerja; kinerja

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Depositing User: Mohzana Drs.Mohzana
Date Deposited: 24 Jan 2022 03:49
Last Modified: 24 Jan 2022 03:49
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4797

Actions (login required)

View Item View Item