PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA PADA PELAKSANAAN SISTEM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

Rismarini Nursaly, Baiq and Adib Nazri, M. and Suprapti Handini, Baiq and Murcahyanto, Hary (2021) PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA PADA PELAKSANAAN SISTEM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4 (2). ISSN 2614-8617

[img] Text
12.Prestasi Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa SMA Pada Pelaksanaan Sistem Kurikulum 13.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap nilai pelajaran bahasa Inggris siswa SMA, dan seberapa besar pengaruh penerapan sistem pembelajaran kurikulum 2013 terhadap nilai mata pelajaran bahasa Inggris siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selong, dengan jumlah populasi 63 siswa, sampel 54 siswa, dengan nilai ambang kesalahan 5%. Variabel dalam penelitian ini adalah; (1) implementasi sistem pembelajaran kurikulum 2013 (X), dan (2) variabel prestasi akademik (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan metode pencatatan, metode survei angket, metode observasi dan metode wawancara. Menggunakan alat perhitungan program SPSS untuk Windows versi 16, menggunakan teknik analisa regresi linier untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem pembelajaran mata kuliah tahun 2013 tidak berpengaruh pada prestasi siswa IPS kelas XI SMA Negeri 1 Selong, sumbangan efektif penerapan sistem pembelajaran kurikulum terhadap prestasi belajar bahasa Inggris kelas XI IPS sebesar 0,001%, dan koefisien determinasi sebesar 0,001%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem pembelajaran kurikulum 2013 tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Selong pada pelajaran Bahasa Inggris pada tahun 2019. Kata Kunci: Kurikulum 2013, Prestasi Belajar, Sistem Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Depositing User: Murcahyant Hary Hary Murcahyanto
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:24
Last Modified: 03 Aug 2022 01:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4933

Actions (login required)

View Item View Item