BAHASA INGGRIS SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH ALIYAH

Adib Nazri, M. and Rismarini Nursaly, Baiq and Murcahyanto, Hary and Ernawati, Titin (2021) BAHASA INGGRIS SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH ALIYAH. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4 (2). ISSN 2614-8617

[img] Text
13.Full Day School.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi full day school pada pelajaran Bahasa Inggris sebagai pendidikan karakter di Madrasah Aliyah. Metode desktiptif kualitatif digunakan pada penelitian ini dan dilaksakan di Madrasah Aliyah 2 Wanasaba. Data diambil dari responden kepala madrasah, guru dan staf, siswa kelas XII, alumni, dan wali peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan analisa yang dilakukan didapatkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 2 Wanasaba menerapkan full day school dari pukul 06.30-17-00 WIB. Full day school merupakan usaha untuk menerapkan pendidikan karakter melalui penggabungan antara kurikulum Kemendiknas dan Kemenag. Simpulan, full day school merupakan suatu cara yang diterapkan untuk melatih dan membiasakan peserta didik agar menjadi generasi yang memiliki karakter mandiri, religius, serta memiliki keterampilan untuk mengasah potensi peserta didik yang berdaya saing tinggi, Adapun penerapan dalam pelajaran Bahasa Inggris pada pendidikan karakter yang dikembangkan adalah kemandirian, kreatif, berorientasi pada tindakan, berorientasi pada hasil, kepemimpinan, dan kerja keras. Kata kunci: Full day school, Pendidikan karakter, Bahasa Inggris

Item Type: Article
Subjects: Bahasa dan Sastra > English > Edicational Project and Innovations
Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Depositing User: Murcahyant Hary Hary Murcahyanto
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:23
Last Modified: 03 Aug 2022 01:23
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item