Rahadi, Irwan and Rismarini Nursaly2, Baiq and Suprapti Handini, Baiq and Murcahyanto, Hary (2021) PENGUASAAN BAHASA INGGRIS MASYARAKAT DAN PARTISIPASINYA DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4 (2). ISSN 2614-8617
Text
14. Penguasaan Bahasa Inggris Masyarakat Desa Wisata.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan bahasa Inggris masyarakat dan partisipasi masyrakat dalam pengembangan desa wisata baik dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, manfaat dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. pengumpulan data menggunkan wawancara mendalam (in-dept-interview), observasi dan dokumentasi. sedangkan teknis analisis data yaitu menggunakan teknik Miles dan Huberman dengan tahaptahap pengelolahan data seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan data dan hasil analisis didapatkan informasi dan ditarik simpulan bahwa Penguasaan berbahasa Inggris masyarakat masih lemah terutama dalam hal mencari informasi, menjelaskan profil lokasi, aturan adat budaya setempat dan membantu berkomunikasi dengan masyarkat awam, penggunaan bahasa Inggris masih hanya terbatas pada sapaan, menjelaskan tentang objek wisata dan tukar informasi. Bentuk partisipasi masyarakat masih sangat kurang maksimal, hanya dalam pengambilan manfaat yang terlihat, adapun aspek lainnya seperti dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan dan evaluasi masyarakat tidak pernah dilibatkan. Masyarakat hanya diberikan tempat untuk membuka usaha/warung berdagang, jasa angkut barang atau porter, pemandu, persewaan alat pendakian, pembukaan lahan parkir di lokasi pariwisata tersebut. Kata kunci: bahasa Inggris, partisipasi masyarakat, wisata.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > English > Grammar |
Depositing User: | Murcahyant Hary Hary Murcahyanto |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 01:23 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 01:23 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4935 |
Actions (login required)
View Item |