PERSPEKTIF ISLAM: KAJIAN TERHADAP KARYA G.HUSSEIN RASSOOL TENTANG MODEL PRAKTIS KONSELING ISLAMI

H.Musuki, Musuki and Heratul, Yaumi (2022) PERSPEKTIF ISLAM: KAJIAN TERHADAP KARYA G.HUSSEIN RASSOOL TENTANG MODEL PRAKTIS KONSELING ISLAMI. PERSPEKTIF ISLAM: KAJIAN TERHADAP KARYA G.HUSSEIN RASSOOL TENTANG MODEL PRAKTIS KONSELING ISLAMI. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL MUSUKI BKD 22.pdf

Download (102kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep-konsep utama dan filsafat, tujuan-tujuan, fungsi dan peran konselor, pengalaman konseli dalam Konseling, hubungan antara konselor dan konseli dalam Model Praktis Konseling islami terhadap kajian karya G. Hussein Rassool. Metode penelitian pustaka (Library Research) deskriptif kualitatif, menggunakan teknik analisis hermeneutika dari Ricouer, dimana tahap pertama adalah tahap sematik, kedua tahap reflektif, dan ketiga tahap penafsiran. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa model praktis konseling berbasis Islami sudah diakui secara luas dapat menangani berbagai gangguan psikologis. Seorang konselor yang melakukan model praktis konseling Islami perlu memodifikasinya dengan cara spiritual berdasarkan nilai- nilai yang Islami sesuai dengan kebutuhan konseli. Model praktis konseling Islami adalah model sirkular (atau spiral) bukan model linear. Secara umum, diasumsikan bahwa ketika satu tahap selesai, klien akan beralih ke tahap berikutnya. Sementara ini adalah suatu kemungkinan, lebih dimungkinkan bahwa klien dapat melalui beberapa siklus perenungan (Qafnah) kontemplasi(Tafakkur) dan visi tujuan dan rute (Basirah) sebelum mencapai tindakan (Amal) atau keluar dari sistem tanpa pencapaian dari tujuan yang diinginkan dan diizinkan Kata Kunci: model praktis konseling berbasis Islami, G. Hussein Rassool

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Depositing User: Musuki
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:21
Last Modified: 03 Aug 2022 01:20
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4964

Actions (login required)

View Item View Item