UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III DI SDN 5 MASBAGIK UTARA SEMESTER 1 TAHUN PELARAN 20222023

Apriandi, Yogi UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III DI SDN 5 MASBAGIK UTARA SEMESTER 1 TAHUN PELARAN 20222023. Perpustakaan Hamzanwadi. (Unpublished)

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III DI SDN 5 MASBAGIK UTARA SEMESTER 1 TAHUN PELARAN 20222023.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (199kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu pengalaman penulis sebagai pengajar dan pendidik di SDN 5 Masbagik Utara dan melihat hasil ulangan dan tingkat penguasaan siswa terhadap materi Bahasa Indonesia, tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan, nilai rata-rata yang dicapai tentang masih rendah, maka penulis mengadakan penelitian dalam rangka memecahkan masalah tersebut diatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia , tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. Dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuannya untuk memahami serta meningkatkan prestasi belajar serta ketuntasan belajar minimal Bahasa Indonesia Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang dilakukan oleh peneliti melalui 2 siklus. Dimana setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evalusi, serta refleksi.Berdasarkan hasil penelitian, hasil yang dicapai setiap siklus mengalami peningkatan. Pada Kondisi awal nilai rata-rata hanya 57,2, Kemudian siklus I meningkat menjadi 66,2. Dan pada siklus II sudah ada peningkatan lagi menjadi 72,4.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Heri Kuswanto
Date Deposited: 18 Nov 2022 08:15
Last Modified: 18 Nov 2022 08:19
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item