PENGARUH SUPERVISI KLINIS BERBASIS PENDEKATAN KOLABORATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KELAS VI DALAM MENGAJAR DI WILAYAH UPT DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KECAMATAN SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ATSARWATI, ATSARWATI (2020) PENGARUH SUPERVISI KLINIS BERBASIS PENDEKATAN KOLABORATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU KELAS VI DALAM MENGAJAR DI WILAYAH UPT DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KECAMATAN SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
TESIS ATSARWATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervise klinis dan motivasi berprestai terhadap peningkatan kompetensi guru. Pada penelitian ini terdapat 3 variabel diantaranya: 1 variabel terikat (supervise klinis), 1 variabel terikat (Motivasi berprestasi) dan 1 variabel terikat (kompetensi guru). Sehingga, jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain treatment level 2x2. Populasi dan sampel penelitian yaitu seluruh seluruh guru kelas VI di wilayah UPT Dinas Dikbud Kecamatan Sukamulia yang dibagi menjadi kelas control dan eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan kuesioner.Teknis analisis data mengunakan analisis deskriptif dan diferensial.Uji hipotesis yang digunakan yaitu ANAVA dua jalur.Data pada penelitian pada kelas eksperimen dan kontrol bersifat normal dan homogen.Hasil penelitian menunjukkan Terdapat perbedaan kompetensi guru antara supervisi klinis dengan supervisi akademik berdasarkan hipotesis Fh (K) = 31,8896 > 4,351.Terdapat interaksi supervisi dengan motivasi berprestasi guru berdasarkan hipotesis Fh (interaksi) = 40,0293 > 4,351. Terdapat perbedaan hasil kompetensi guru yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah.berdasarkan hasil hipotesis Fh (B) = 13,35 < 4,351. Terdapat perbedaan antar kelompok suvervisi klinis dengan guru yang memiliki motivasi tinggi dan rendah. Kemuadian terdapat perbedaan non supervisi klinis dengan guru yang memiliki motivasi tinggi dan rendah. Selain itu, terdapat perbedaan supervisi akademik tinggi dan rendah. Berdasarkan hasil hipotesi yaitu: Fh (AK) = 18,905 > 3,09. Kata Kunci : Supervisi klinis, motivasi berprestasi, kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Manajemen Pendidikan > Tenaga Pendidik
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 19 Nov 2022 08:37
Last Modified: 19 Nov 2022 08:37
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item