Nahdi, Khirjan and Irfan, Mohammad and Ernawati, Titin Turnitin-Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, VI (1). ISSN 2549-9149
Text
17. Penciptaan Metafora Dalam Ruang Persepsi Mahasiswa.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kajian ini memanfaatkan teori metafora dan ruang persepsi berdasarkan ekologi bahasa, dengan tujuan mengidentifikasi metafora siswa sekolah dasar sebagai gambaran persepsi pada ekologi. Data berbentuk metafora dalam puisi berdasarkan persepsi ekologi. Data dianalisis melalui distribusi kategori metafora dan ujud diksi pada ekologi bahasa. Hasil penelitian menunjukkan, metafora dominan pada ekologi manusia, dan terbatas pada delapan ekologi lainnya. Kondisi ini menggambarkan interaksi dengan ekologi manusia lebih intens dibanding ekologi lainnya. Hasil kajian ini berimplikasi terhadap peningkatan kompetensi guru pada materi pembelajaran, keluasan dan kedalaman materi pembelajaran pada dokumen strategi pembelajaran, dan diversifikasi tema pada pembelajaran tematik. Kata kunci: metafora; ruang persepsi; siswa sekolah dasar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Khirjan Nahdi |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 07:45 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 07:45 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5118 |
Actions (login required)
View Item |