Wardan, Wira and Nahdi, Khirjan and Hamdi, Zulfadli and Sururuddin, M Turnitin-Keterampilan Menulis Komfosisi Sederhana Kelas IV SDN Penimpoh Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai. ISSN 2614-3097 (In Press)
Text
18. Keterampilan Menulis Komfosisi Sederhana Kelas IV SDN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan keterampilan menulis komposisi sederhana siswa kelas IV SDN Penimpoh tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertempat di SDN Penimpoh jumlah sampel yang digunakan adalah 16 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. Adapun desain yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-Test Design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Didalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu pratindakan (Pre-Test) dan sesudah tindakan (Post-Test). Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan tes untuk mengukur kemampuan menulis komposisi sedehana dan observasi untuk menilai proses belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata pre-test 42,56 dan nilai rata-rata post-test sebesar 71,09. Dari hasil tersebut terlihat bahwa perbedaan yang signifikan antara nilai tes pratindakan dan nilai tes menulis komposisi sederhana dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis komposisi sederhana dapat meningkatkan keterampilan menulis kelas IV SDN Penimpoh tahun pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Komposisi Sederhana
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Khirjan Nahdi |
Date Deposited: | 03 Dec 2022 07:45 |
Last Modified: | 03 Dec 2022 07:45 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5119 |
Actions (login required)
View Item |