PENGEMBANGAN LKPD BAHASA INDONESIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Husniyatun, Husniyatun and Nahdi, Khirjan and Mohzana, Mohzana PENGEMBANGAN LKPD BAHASA INDONESIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan. ISSN 23016671

[img] Text
17. PENGEMBANGAN LKPD BAHASA INDONESIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Bahasa Indonesia Berbasis Keterampilan Proses dan efektivitas penggunaannya terhadap kemandirian belajar siswa. Model pengembangan yang digunakan ialah model Four-D yang dilakukan dengan empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek digunakan 36 orang siswa kelas IV SDN 2 Aikmel Timur. Instrument pengumpulan data meliputi lembar validasi pengembangan LKPD, angket kemandirian belajar, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi LKPD yang dengan menggunakan validator media, materi, kebahasaan, dan uji coba user. Penilaian produk oleh ahli media, dengan nilai prolehan 113 dengan rata-rata 4,3 berada pada interval 91,8 < X ≤ 113,4 dengan kategori baik. Penilaian produk oleh ahli materi, dengan nilai prolehan 60 dengan rata-rata 3,5 dan berada pada interval 57,8< X ≤71,3 dengan kategori baik. Penilaian produk oleh ahli kebahasaan, dengan nilai prolehan 53 dengan rata-rata 4,4 dan berada pada interval X> 50,4 dengan kategori sangat baik. Prolehan nilai kemandirian belajar siswa memproleh 469 dengan persentase 92% dengan kategori kemandirian tinggi, dan prolehan nilai respon siswa dengan nili 668 dengan persentase 92,2% dengan kategori sangat merespon. Berdasarkan hal tersebut pengembangan LKPD Bahasa Indonesia berbasis keterampilan proses sangat efektif digunakan untuk membangun kemandirian berlajar siswa. Kata-kata kunci: bahasa Indonesia, LKPD, keterampilan proses

Item Type: Article
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Indonesia > Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Khirjan Nahdi
Date Deposited: 03 Dec 2022 07:40
Last Modified: 03 Dec 2022 07:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5129

Actions (login required)

View Item View Item