TURNITIN - PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19

Hary Murcahyanto, Hary (2023) TURNITIN - PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19. Journal of Elemantary School (JOES), 6 (1). ISSN 2615-1448

[img] Text
6. Turnitin_Penggunaan Media WA.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.5949

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media WhatsApp terhadap motivasi dan gaya belajar siswa selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa sebanyak 115 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate stratified random sampling sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran menggunakan WhatsApp berpengaruh positip terhadap motivasi terutama pada indikator tekun, tepat waktu, ulet, keberanian bertanya, rasa ingin tahu, senang dan aktif. Selain itu pembelajaran menggunakan WhatsApp juga berpengaruh positip terhadap gaya belajar terutama pada indikator gaya belajar visual sangat tinggi, tetapi gaya belajar auditorial sedang, dan gaya belajar kinestetik rendah karena tidak banyak membutuhkan gerak. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media WhatsApp pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap motivasi dan gaya belajar selama Covid-19. Kata Kunci : Gaya belajar, Motivasi Belajar, WhatsApp

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik
Depositing User: Murcahyant Hary Hary Murcahyanto
Date Deposited: 31 May 2023 15:49
Last Modified: 31 May 2023 15:49
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item