PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATION (RME) TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2021/2022

EKA OKTAVIANI, OKTAVIANI,EKA (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATION (RME) TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI EKA OKTAVIANI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

EKA OKTAVIANI (2022) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATION (RME) TERHADAP PENALARAN MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematis Education (RME) terhadap penalaran matematis dan motivasi belajar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalen posttest-only control group desaign. Populasi dan sampel penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas VIII di MTs. Birrul Walidain NW Rensing ditentukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa serta angket untuk mengukur motivasi belajar siswa. Untuk uji analisis data dilakukan dengan uji normalitas data dengan lilifors, uji linearitas data dengan uji F. Sedangkan teknik uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 4,130 dan ttabel = 2,101. Karena thitung > ttabel (4,130 > 2,101) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang artinya ada pengaruh positif penggunaan pendekatan Realistic Mathematis Education (RME) terhadap penalaran matematis dan motivasi belajar siswa. Adapun hasil analisis data yang diperoleh dari nilai determinan korelasi sederhana sebesar 0,461 yang berarti bahwa besarnya pengaruh penggunaan pendekatan Realistic Mathematis Education (RME) terhadap penalaran matematis dan motivasi belajar siswa sebesar 46,1%. Kata Kunci: Realistic Mathematis Education (RME), penalaran matematis dan motivasi

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Sains > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:40
Last Modified: 13 Jul 2023 06:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5216

Actions (login required)

View Item View Item