QURROTUL HIMNI, HIMNI, QURROTUL (2022) PENGEMBANGANBAHAN AJAR (LKPD) BERBASIS OPEN ENDED PADA MATERI GEOMETRI BIDANG DAN RUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI QURROTUL HIMNI.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Qurrotul Himni (2022). Pengembangan Bahan Ajar (LKPD) Berbasis Open Ended pada Materi Geometri Bidang dan Ruang Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikr Kritis Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar (LKPD) berbasis Open Ended pada materi geometri bidang dan ruang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan di dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Penelitian dilaksanakan di MTs. Hizbul Wathan NW Semaya dengan subjek penelitian kelas VIII sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari (1) lembar validasi, (2) angket kepraktisan dari guru dan siswa, (3) tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar (LKPD) berbasis Open Ended pada materi geometri bidang dan ruang untuk meningkatkan kemampuan yang dikembangkan berdasarkan ahli materi dan media 232 dengan kategori valid. Untuk kevalidan tes hasil belajar memenuhi kriteria valid yaitu dengan koefisien validitas sebesar 0,77 dan layak digunakan. Kualitas kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis dari respon guru dengan pencapain skor sebesar 40 dan dari respon siswa dengan persentase skor 89,19% ≥ 75%. Kualitas kefektifan dilihat dari tes hasil belajar mencapai 76,66%. Kata kunci : Bahan Ajar, Open Ended
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 04:03 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 04:03 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5223 |
Actions (login required)
View Item |