ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMPN SATAP 2 GANGGA TAHUN AJARAN 2022/2023

JUNAIDI AMIN, AMIN, JUNAIDI (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR DI SMPN SATAP 2 GANGGA TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI JUNAIDI AMIN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan dan factor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi operasi hitung aljabar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 siswa, dan guru mata pelajaran matematilka di SMPN Satap kecamatan gangga. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Jenis-jenis kesulitan menyelesaikan soal pada siswa kelas VII SMPN Satap Di Kecamatan Gangga Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Tahun Ajaran 2022/2023 sebagai berikut; a) Kesulitan pemahaman konsep sebesar 56,66% dengan kategori tinggi; b) Kesulitan keterampilan sebesar 26,6% dengan kategori rendah; dan c) Kesulitan pemecahan masalah sebesar 24,8% dengan kategori rendah. 2) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar matematika meliputi factor internal yaitu kesehatan, (Merasa pusing saat pembelajaran matematika), minat (siswa kebanyakan acuh tak acuh dalam mendengarkan guru saat menyampaikan materi operasi hitung aljabarpada proses pembelajaran matematika dimulai), motivasi, (Sikap siswa acuh tak acuh terhadap pelajaran matematika dan usaha siswa untuk memahami materi yang belum diketahui juga kurang, bahkan siswa memilih diam ketika ada yang belum mereka bisa memahami tanpa dilontarkan pertanyaan terhadap gurunya), konsentrasi belajar ( Tidak focus disebabkan karena teman sebelahnya bercerita sehingga konsentrasi ketika mendengarkan gurunya menjelaskan sangat kurang), dan kebiasaan belajar (Siswa hanya belajar di sekolah saja tanpa mengulang kembali pelajaran yang diadapatkan di sekolah ); dan factor eksternal meliputi lingkungan sekolah ( kurang memadai fasilitas-fasilitas yang ada dilingkungan sekolah seperti bangku, meja, papan tulis yang bersih, serta fasilitas-fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran seperti buku paket dll), lingkungan keluarga ( kurangnya orang tua merespon terhadap tingkat kemampuan anak dalam proses pembelajaran disekolah). Kata Kunci : Analisis Jenis Kesulitan, Dan Faktor Penyebab Kesulitan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 15 Jul 2023 02:38
Last Modified: 15 Jul 2023 02:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5227

Actions (login required)

View Item View Item