SABARUDIN, SABARUDIN, SABARUDIN (2022) KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMA N 1 KOPANG. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
![]() |
Text
Skripsi (Sabarudin_180105018).pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK SABARUDIN (2022). KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING DAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran scaffolding dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran saintifik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan metode quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA N 1 Kopang yang berjumlah 52 siswa. Sedangkan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probality sampling. Kelas yang menjadi sampel adalah X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran scaffolding dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran saintifik. Instrument penelitian ini berupa tes. Teknik analisis data menggunakan t-test polled varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara yang menggunakan model pembelajaran scaffolding dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran saintifik. Ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis, yaitu thitung < ttabel dimana 1,473 < 1,671 yang artinya bahwa H0 diterima. Kata Kunci: Scaffolding, Saintifik, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 04:02 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 04:02 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |