SITI NURHIDAYATI, NURHIDAYATI, SITI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI SITI NURHIDAYATI.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK SITI NURHIDAYATI 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII MTS NURUL IHSAN NWDI SALUT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pada sub materi kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimen dengan design One-Shot Case Study. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 16 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling jenis sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes essay dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data menggunakan uji Normalitas dengan Liliefors, uji Linearitas data dengan uji-F. Sedangkan uji Hipotesis di peroleh dari uji t dengan nilai thitung = 2,43 ttabel = 1,745 karena thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, maka disimpulkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemmpuan berpikir kritis siswa. Adapun nilai determinasi korelasi sebesar 0,54 termasuk kedalam kategori cukup kuat. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 30,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 15 Jul 2023 04:02 |
Last Modified: | 15 Jul 2023 04:02 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5252 |
Actions (login required)
View Item |