EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NWDI AJAN

KHARIESTA, NOVALINA (2021) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NWDI AJAN. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI_NOVALINA_KHARIESTA[1].pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dimana variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning. Sedangkan variabel terikat dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Sampel penelitian yang terdiri 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan instrumen tes berbentuk uraian terdiri dari 5 butir soal.Uji normalitas dilakukan dengan uji chi-kuadrat, dan uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Nilai rata-rata yang diperoleh adalah 77,44. Nilai = 2,554 dan =2,063. Ini berarti bahwa diterima, artinya model pembelajaran problem based learning efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kuncii : Model pembelajaran problem based learning dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 15 Jul 2023 03:50
Last Modified: 15 Jul 2023 03:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5260

Actions (login required)

View Item View Item