Adawiyah, Rabiatul and Marzuki, Junaidi and Azhari, Iwan Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Grammar Pesera Didik Melalui Strategi Menulis Bebas (Free Writing) pada SMP Negeri 1 Praya Kelas VII-11. Iwan. (Submitted)
Text
Adawiyah, Marzuki, M. J dan Azhari (2023) Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Grammar Pesera Didik Melalui Strategi.pdf - Submitted Version Download (253kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berkaitan dengan strategi menulis bebas dalam meningkatkan kemampuan penguasaan tata bahasa peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan tata bahasa peserta didik melalui menulis bebas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebagai desain penelitian dengan instrumen observasi dan tes dalam mengumpulkan data. Observasi digunakan untuk mengetahui penerapan strategi menulis bebas selama tindakansedangkan tes digunakan untuk mengukur pencapaian penguasaan tata bahasa peserta didik dan penelitian ini menggunakan tes menulis. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Praya yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan kualitatif sebagai analisis data untuk mengukur data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi menulis bebas dapat meningkatkan kemampuan penguasaan tata bahasa peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil yang signifikan pada setiap siklusnya. Ada dua siklus dalam penelitian ini yaitu siklus 1 dan siklus 2. Hasil persentase pada siklus 1 adalah 15% dan 42% pada siklus 2. Artinya, penguasaan tata bahasa peserta didik dapat meningkat meski belum berhasil dengan menerapkan strategi menulis bebas. Kata Kunci: Penguasaan Tata Bahasa, Menulis Bebas
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Pendidikan Profesi Guru > Perangkat Pembelajaran |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 07 Oct 2023 03:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2023 03:18 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5302 |
Actions (login required)
View Item |