PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTEND REALITY (AR) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN 5 SUKARARA

AFRENA MARYANI, MARYANI, AFRENA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF AUGMENTEND REALITY (AR) MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV PADA KURIKULUM MERDEKA DI SDN 5 SUKARARA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
PROPOSAL AFRENA MARYANI 030723.pdf

Download (580kB)
[img] Text
ARTIKEL RENA.pdf

Download (565kB)
[img] Text
AFRENA MARYANI 28 AGUST 23.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Submitted Version

Download (178kB)

Abstract

Abstrak: Pengembangan media interaktif Augmentend Reality (AR) pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada kurikulum merdeka, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif Augmentend Reality (AR) pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada kurikulum merdeka dengan desain penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu (1) Analisis, (Analysis) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembangan (Development) (4) Implementasi (Implementation) (5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV dengan jumlah 31 peserta didik. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 53 berada pada rentang skor 51< X ≤ 63 dengan kategori “baik” sehingga dikatakan valid. Hasil uji validasi ahli media dengan jumlah skor 54 berada pada rentang skor 51< X ≤ 63 dengan kategori “baik” sehingga dikatakan valid. Hasil dari angket respon peserta didik terhadap kepraktisan dan keefektifan modul yang dikembangkan mendapatkan skor 1.618 dengan rata-rata 52,19 dan berada pada rentang skor 51< X ≤ 63 dengan kategori “baik” sehingga dikatakan praktis dan efektif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media interaktif Augmentend Reality (AR) pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV pada kurikulum merdeka pada materi balok dan kubus masuk dalam kategori valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media ajar dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:13
Last Modified: 04 Jan 2024 07:13
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item