PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 KESIK

Nia Julita Ulandari, Nia Julita Ulandari (2023) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 KESIK. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ARTIKEL NIA JULITA ULANDARI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I-III.pdf

Download (887kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
SKRIPSI NIA JULITA ULANDARI_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nia Julita Ulandari (2023), Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV di SDN 2 Kesik, Proposal, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV dengan menggunakan desain penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah kemudian disederhanakan menjadi 7 langkah yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian terbatas, (5) revisi hasil uji produk, (6) uji produk utama, (7) revisi produk akhir. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah 19 siswa. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 99 berada pada rentang X >92,28 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba validasi ahli tampilan dengan jumlah skor 91 berada pada rentang skor 74,76 < X ≤ 92,28 dengan kategori “baik”. Hasil dari angket respon siswa terhadap kevalidan dan kepraktisan penggunaan modul yang dikembangkan mendapatkan skor rat-rata 59,63 sehingga berada pada rentang 51 < X ≤ 63 dengan kategori “baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis pendekatan kontekstual sudah valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Pengembangan Modul Matematika, Kontekstual, SD.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:07
Last Modified: 04 Jan 2024 03:07
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5336

Actions (login required)

View Item View Item