NOVRIANI LARASANT, NOVRIANI LARASANT (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBEJARAN IPAS BERBASIS ETNOSAINS MATERI GAYA DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SDN 1 PENGADANGAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text (THESIS)
Skiripsi Novriani Larasanti (190102160).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak Novriani .pdf - Submitted Version Download (383kB) |
|
Text (PROPOSAL)
Proposal Novriani Larasanti (190102160).pdf - Submitted Version Download (904kB) |
Abstract
ABSTRAK NOVRIANI LARASANTI. Pengembangan Modul Pembelajaran IPAS Berbasis Etnosains Materi Gaya dalam Meningkatkan Meningkatkan Literasi Sains Kelas IV SD Negeri 1 Pengadangan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Hamzanwadi. Pebimbing : (1) Mijahamuddin Alwi M.Pd. dan (2) Husnul Mukti M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis Etnosains untuk meningkatkkan literasi sains SD Kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, develoment, implementation, dan evaluation). Teknik pengambilan data menggunkan teknik angket berupa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli yang digunakan untuk memvalidasi modul dan tes literasi sains dengan menggunkan soal pilihan ganda. Serta lembar angket untuk mengetahui respon siswa terhadap modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Pembuatan modul melalui beberapa tahapan yaitu, analisis kebutuhan, desain dan pengembangan, implementasi, serta evaluasi 2). Hasil Vadiasi modul ini menunjukkan bahwa “produk layak digunakan untuk mengambil data dengan revisi sesuai saran”. Dengan perolehan nilai rata-rata dari ahli bahasa 4,35 dengan kategori baik, sedangakan ahli materi 4,85 dengan kategori baik. 3). Modul Pembelajaran berbais Etnosains layak digunakan dibuktikan dengan hasil tanggapan siswa memperoleh 90 % 4). Pegembangan modul pembelajaran berbasis etnosains dapat meninglatkan literasi sains siswa dengan hasil uji coba lapangan dengan menggunakan pretest dan postest adapun untuk hasil pretest siswa memperoleh nilai rata-rata 40 dalam kategori rendah. Sedangkan persentase ketuntasan 15%. Sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai rata-rata siswa 64. Sedangkan Persentase Tertinggi 65 %. Untuk nilai N-Gain Skore yaitu 0.43 dalam katergori sedang. Oleh karena itu, pengembangan modul pembelajaran berbasis etnosains dalam materi gaya dapat meningkatkan literasi sains layak digunakan dan menunjukkan tingkat keberhasilan. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Etnosains, Literasi Sains
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:11 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:11 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5373 |
Actions (login required)
View Item |