NURIANA, NURIANA (2023) SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL SUKU SASAK LOMBOK DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_NURIANA.pdf - Submitted Version Download (386kB) |
|
Text (proposal)
PROPOSAL PENELITIAN_NURIANA.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text (thesis)
SKRIPSI NURIANA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nuriana (2023), Pengembangan Modul Matematika Berbasis Permainan Tradisional Suku Sasak Lombok Di Sekolah Dasar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis permainan tradisional suku sasak Lombok materi bangun datar menggunakan desain penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu (1) Analisis, (Analysis) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembangan (Development) (4) Implementasi (Implementation) (5) Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IV dengan jumlah 23 peserta didik. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli, dan angket respon peserta didik. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 60 berada pada rentang skor 51< X ≤ 63 dengan kategori “baik” sehingga dikatakan valid. Hasil uji validasi ahli media dengan jumlah skor 55 berada pada rentang skor 51< X ≤ 63 dengan kategori “baik” sehingga dikatakan valid. Hasil dari angket respon peserta didik terhadap kepraktisan dan keefektifan modul yang dikembangkan mendapatkan skor 1.324 dengan rata-rata 57,56 dan berada pada rentang skor 51< X ≤ 63 dengan kategori “baik” sehingga dikatakan praktis dan efektif. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul matematika berbasis permainan tradisional suku sasak Lombok pada materi bangun datar masuk dalam kategori valid, praktis dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Modul Matematika, Permainan Tradisional suku sasak Lombok, Peserta didik di Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 01:58 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 01:58 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5383 |
Actions (login required)
View Item |