PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK PENGUATAN KARAKTER KEBINEKAAN GLOBAL SESUAI DENGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SDN STUTA JANAPRIA

Zohriatin, Parida (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK UNTUK PENGUATAN KARAKTER KEBINEKAAN GLOBAL SESUAI DENGAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS IV SDN STUTA JANAPRIA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ABSTRAK (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text (Proposal)
PROPOSAL BAB I-3 PARIDA ZOHRIATIN.pdf - Submitted Version

Download (740kB)
[img] Text (Thesis)
SKRIPSI PARIDA ZOHRIATIN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Artikel)
ARTIKEL PARIDA ZOHRIATIN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Parida Zohriatin, NPM 190102015 (2023), Pengembangan Media Pembelajaran Komik Untuk Penguatan Karakter Kebinekaan Global Sesuai Dengan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IV SDN Stuta Janapria, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Hamzanwadi. Pembimbing I: Yul Alfian Hadi, M.Pd. Pembimbing II: Iwan Usma Wardani, M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Komik Untuk Penguatan Karakter Kebinekaan Global Sesuai Dengan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas IV SDN Stuta Janapria dengan menggunakan desain penelitian Brog and Gall yang terdiri dari 10 langkah kemudian disederhanakan menjadi 8 langkah yaitu: (1)penelitian dan pengumpulan data, (2)perencanaan, (3)pengembangan produk awal, (4)pengujian terbatas, (5)revisi hasil uji produk, (6)uji produk utama, (7)revisi produk akhir, (8)uji pelaksanaan lapangan. Penelitan ini dilakukan pada siswa kelas IV dengan jumlah 19 siswa. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 46 berada pada rentang X > 41,88 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba validasi ahli media dengan jumlah skor 39 berada pada rentang skor 33,96 < X ≤ 41,88 dengan kategori “baik”. Hasil dari angket respon siswa terhadap kevalidan dan kepraktisan penggunaan modul yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata 4,5 sehingga berada pada rentang X > 41,88 dengan kategori (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik untuk penguatan karakter kebinekaan global sesuai dengan profil pelajar pancasila pada siswa kelas IV SDN Stuta Janapria sudah valid dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Penguatan Karakter Kebinekaan Global

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:21
Last Modified: 09 Jan 2024 03:21
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item View Item