ISTIANI, HERLINA (2023) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS III DI MI NWDI 1 KELAYU. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
ABSTRAK (3).pdf - Submitted Version Download (290kB) |
|
Text
BAB I-BAB III.pdf - Submitted Version Download (845kB) |
|
Text
SKRIPSI Lengkap..pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Herlina Istiani. (2023). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas III MI NWDI 1 Kelayu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar buku ensiklopedia berbasis kearifan lokal kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall, dari 10 tahapan yang ada, yang digunakan hanya 7 tahapan yaitu tahup analisis kebutuhan, desain, pembuatan prototype, uji validasi, revisi produk awal, ujicoba lapangan, revisi produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MI NWDI 1 Kelayu sebanyak 19 orang siswa, instrument pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi, ngket dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kulitatif dan kuantitatif. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis hasil validasi media dan skala dua untuk analisis angket respon siswa. Hasil validasi dari ke dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media menunjukkan kualifikasi baik dan sangat baik dengan jumlah nilai untuk ahli media adalah 51 dengan rata-rata 3,9 sedangkan nili dari ahli materi berjumlah 54 dengan ratarata 4,5. Hasil respon angket respon siswa pada ujicoba lapangan memperoleh responden sebanyak 177 yang menjawab “ya” dengan persentase 93%, sedangkan yang menjawab “tidak” 12 responden dengan persentase 63% Sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa pada media pipa bilangan adalah tinggi. Hasil analisis untuk tes belajar siswa pada uji coba lapangan, 16 siswa dari 19 orang siswa mendapat nilai diatas KKM 65 dengan skor rata-rata mencapai 79,6, sehingga persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 84,2%, dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 46. Dengan demikian dapat disimpulkan buku ensiklopedia berbasis kearifan lokal efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Kata Kunci: Pengembangan, Ensiklopedia, Kearifan Lokal, Literasi sains
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zurriyatun Thayyibah |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 01:58 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 01:58 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5417 |
Actions (login required)
View Item |