ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS II SD ISLAM NW LINGKOK LALEM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RAHMAWATI, LILI (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS II SD ISLAM NW LINGKOK LALEM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
PROPOSAL LILI RAHMAWATI.pdf - Submitted Version

Download (562kB)
[img] Text
sc abstrak lili rahma.pdf - Submitted Version

Download (646kB)
[img] Text
SKRIPSI LILI RAHMAWATI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lili Rahmawati (2023) judul: Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas II SD Islam Nw Lingkok Lalem Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesulitan membaca siswa kelas II, faktor penyebab kesulitan membaca dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II SDI NW Lingkok Lalem. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan 4 siswa kelas II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, lembar wawancara atau pertanyaan dan dokumentasi. Kesulitan membaca yang dialami siswa kelas II SDI NW Lingkok Lalem yaitu kesulitan mengeja, melafalkan huruf, kurang daya ingat, kesulitan penggantian huruf, melihat jarak jauh, kesulitan membedakan huruf dan kesulitan mengenali tanda baca. Faktor penyebab siswa kesulitan membaca siswa kelas II SDI NW Lingkok Lalem, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantarnya tingkat kecerdasan, motivasi yang rendah, dan kurangnya minat membaca. Sedangkan faktor eksternal siswa yang meliputi faktor lingkungan keluarga dan sekolah. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca siswa kelas II SDI NW Lingkok Lalem, yaitu tidak menyalahkan siswa atas kondisi yang dialami, memberikan perhatian yang lebih, menggunkan media pembelajaran yang menarik dan memberikan motivasi untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kata kunci: Analisis Kesulitan membaca, faktor penyebab kesulitan membca, siswa, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:33
Last Modified: 11 Jan 2024 02:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item