PENGARUH MEDIAPOP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BUNGA ANGGREK TAHUN AJARAN 2023/2024

APRILIANI, BAZLINA (2023) PENGARUH MEDIAPOP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD BUNGA ANGGREK TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf - Submitted Version

Download (829kB)
[img] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version

Download (643kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Bunga Anggrek Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Desain dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Desaign. Subjek penelitian ini adalah kelompok A PAUD Bunga Anggrek yang berjumlah 10 anak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi, lembar observasi dan dokumentasi. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, analisis data observasi, uji prasyarat, dan uji hipotesis data. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun saat pre-test berjumlah 87 dan jumlah persentase keseluruhan yaitu 435%, berdasarkan hasil kategori penilaian didapatkan hasil bahwa, pada sebagian besar anak mendapatkan kategori MB (Mulai Berkembang) yang mencapai nilai persentase 80% dari keseluruhan anak, dan setelah diberikan perlakuan (treatment) kemudian diadakan posttest, diperoleh kemampuan membaca permulaan anak berjumlah 125 dengan jumlah persentase yaitu 625%, berdasarkan hasil kategori penilaian didapatkan hasil bahwa pada sebagian besar anak mendapatkan kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) yang mencapai nilai 80%. Selain itu juga dapat dilihat dari hasil uji hipotesis t-hitung yaitu 11,642 dengan nilai 1,833 maka nilai t-hitung (11,642) (1,833). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop up book dapat efektif digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di PAUD Bunga Anggrek. Kata Kunci: Kemampuan membaca permulaan, Media Pop Up Book, PAUD

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:47
Last Modified: 05 Mar 2024 02:47
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item