HANDAYANI, SUHASTI MILA (2023) PENGARUH METODE SHARED READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALIJAGA BARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI SuhastI MIla handayanI (190102104).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
Abstract Suhasti Mila Handayani (190102104).pdf Download (300kB) |
|
Text
Bab 1-3 Suhasti Mila Handayani (190102104).pdf Download (799kB) |
|
Text
SKRIPSI SuhastI MIla handayanI (190102104).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PENGARUH METODE SHARED READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KALIJAGA BARU TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Suhasti Mila Handayani1, Hadiatul Rodiyah, M.Pd2, Muh. Taufiq, M.Pd3 PGSD Universitas Hamzanwadi1, PGSD Universitas Hamzanwadi 2, PGSD Universitas Hamzanwadi 3 Email:[email protected],[email protected] 2 [email protected] ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode shared reading terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 kalijaga Baru Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 kalijaga Baru yang berjumlah 52 siswa dengan 2 rombel kelas yang terdiri dari kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket pertanyaan untuk mengetahui pengaruh metode shared reading terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti setelah melakukan penelitian dengan perolehan skor nilai rata rata siswa sebanyak 77 pada kelas eksperimen dan skor nilai rata-rata 69,1 pada kelas kontrol sehingga skor nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan statistik diperoleh nilai pada taraf signifikan 1% adalah thitung lebih besar dari pada t-tabel (13,62 ≥ 2,40), maka Ha diterima. Artinya ada pengaruh kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan metode shared reading pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Kalijaga Baru. Kata Kunci: Metode Shared Reading, Kemampuan Membaca Pemahaman.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 01:31 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 01:31 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5501 |
Actions (login required)
View Item |