PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPAS BERORIENTASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 2 SUKAMULIA

IRMAWATI, SURIYANI (2023) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN IPAS BERORIENTASI KEMAMPUAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 2 SUKAMULIA. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi SURIYANI IRMAWATI_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
bab i-iii.pdf

Download (954kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Suriyani Irmawati. Pengembangan Desain Pembelajaran IPAS Berorientasi Kemampuan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 2 Sukamulia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Hamzanwadi, 2023. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain perangkat pembelajaran IPAS kelas IV. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan prosedur pengembangan ASSURE menurut Heinich (Pribadi, 2009) yaitu: 1) Analyze Learner, 2) State Objectives, 3) Select methods, media, and materials, 4) Utilize media and materials, 5) Require learner participation, 6) Evaluate and Revise. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan angket. Lembar validasi digunakan untuk validasi materi dan desain media. Angket digunakan untuk mengetahui respon guru terhadap perangkat pembelajaran modul ajar, LKPD, bahan ajar, dan media pembelajaran (PPT). Berdasarkan hasil validasi ahli materi modul ajar memperoleh skor aktual 51 dengan interval 44,2 ≤ 54,6 dikategorikan kevalidan yang “Baik”, dan lembar validasi ahli media memperoleh skor aktual 44 dengan interval X > 37,8 dikategorikan kevalidan yang “Sangat Baik”. Lembar validasi ahli materi LKPD memperoleh skor aktual 57 dengan interval X > 54,6 dikategorikan kevalidan yang “Sangat Baik”, dan lembar validasi ahli media memperoleh skor aktual 56 dengan interval X > 50,4 dikategorikan kevalidan yang “Sangat Baik”. Lembar validasi ahli materi bahan ajar memperoleh skor aktual 56 dengan interval X > 54,6 dikategorikan kevalidan yang “Sangat Baik”, dan lembar validasi ahli media memperoleh skor aktual 74 dengan interval X > 67.2 dikategorikan kevalidan yang “Sangat Baik”. Lembar validasi ahli materi media pembelajaran memperoleh skor aktual 62 dengan interval X > 58,79 dikategorikan kevalidan yang “Sangat Baik”, dan lembar validasi ahli media memperoleh skor actual 50 dengan interval X > 46,14 dikategorikan kevalidan yang “Sangat Baik”. Kata Kunci: Pengembangan desain pembelajaran IPAS, Metakognitif, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:43
Last Modified: 06 Mar 2024 01:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item