SYAFI'I, SYAFI'I (2023) PENERAPAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN JABON BARAT SELONG BELANAK PRAYA BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
skripsi Syafi'i.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
PENERAPAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN JABON BARAT SELONG BELANAK PRAYA BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023 SYAFI’I NPM: 210102436 ABSTRAK Penelitian ini mengangkat persoalan kemampuan membaca siswa kelas II SDN Jabon masih terbilang rendah dalam hal ketuntasan berdasarkan standar Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia, sehingga atas dasar permasalahan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dengan Penerapan model induktif kata bergambar pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SDN Jabon Barat Selong Belanak Praya Barat Tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, tes (rubrik penilaian membaca), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran induktif kata bergambar pada siklus I yang dilaksanakan secara klasikal nilai rata-rata yang di peroleh sebesar 80,1333 dengan jumlah siswa yang tuntas 12 dan 3 belum tuntas sehingga presentasi ketuntasan siklus 1 sebesar 80 %. Dan pada penerapan siklus II mengalami peningkatan menajdi 90,06667 dengan jumlah siswa yang tuntas 14 dari 15 dan 1 belum tuntas sehingga dengan kata lain presentasi ketuntasan pada siklus II yaitu 93 %. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model induktif kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca mata pelajaran bahasa indonesia kelas II SDN Jabon Barat Selong Belanak Praya Barat tahun pelajaran 2022/2023 berhasil. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Dramatic Learning
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 01:57 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 01:57 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5507 |
Actions (login required)
View Item |