PENGEMBANGAN PERMAINAN ESTAFET BOLA UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI PAUD BAITUL ANSORI TUNDAK DESA BATU PUTEK TAHUN AJARAN 2023/2024

NISA, HAIRUN (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN ESTAFET BOLA UNTUK MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B DI PAUD BAITUL ANSORI TUNDAK DESA BATU PUTEK TAHUN AJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf - Submitted Version

Download (633kB)
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL HAIRUN NISA.pdf - Submitted Version

Download (881kB)
[img] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version

Download (686kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI HAIRUN NISA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan melihat keefektifan pengembangan permainan estafet bola terhadap perkembangan aspek sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun. Model pengembangan yang digunakan adalah Tipe Borg and Gall yang telah disederhanakan menjadi 6 tahapan dari pengumpulan data, perencanaan, Pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba dan uji coba lapangan. Media pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba lapangan awal berjumlah 12 orang anak dan pada uji lapangan berjumlah 25 orang anak. Instrumen yang digunakan yaitu observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media memperoleh skor “68” (kriteria Baik), hasil dari ahli materi memperoleh skor “42” (kriteria cukup). Ada perbedaan yang signifikan terhadap pengembangan permainan estafet bola terhadap perkembangan sosial emosional anak yaitu (t hitung= -3,14 < t tabel= 1,677). Adanya perbedaan terhadap perkembangan sosial emosional anak, dengan pretest diperoleh rata-rata total presentase keseluruhan 32% yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total ratarata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 100% dengan kategori penilaian “Berkembang Sangat Baik (BSB)”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan estafet bola layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: permainan estafet bola, sosial emosional, anak usia5-6 tahun

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 16 Mar 2024 03:16
Last Modified: 16 Mar 2024 03:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5519

Actions (login required)

View Item View Item