PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP ORIENTASI POLA ASUH ANAK USIA DINI

Mohzana,, Mohzana and Murcahyanto, Hary and Fahrurrozi, Muh (2024) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP ORIENTASI POLA ASUH ANAK USIA DINI. Journal of Elemantary School (JOES), 7 (1). ISSN 2615-1448

[img] Text
19)SIN_1.PDF - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
Official URL: https://doi.org/10.31539/joes.v7i1.8631

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan membuktikan hubungan kausal antara tingkat pendidikan orang tua dengan pola asuh anak. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah PAUD di Kabupaten Lombok Timur Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional ex post facto. Populasi yang digunakan adalah orang tua murid sebanyak 20 orang yang diambil dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket tertutup. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik seperti uji validitas, uji realibilitas, dan uji prasyarat analisis dengan uji t untuk menguji hipotesis. Data yang dihasilkan selanjutnya dimasukkan ke dalam tabel persiapan untuk mencari nilai X, Y, X2, Y2, dan XY. Hasil penelitian ini adalah, semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, semakin baik pemahaman mereka dalam memberikan pola asuh pada anak, sedangkan semakin rendah tingkat pendidikan orang tua, semakin rendah pemahaman orang tua tentang pola asuh. Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang paling umum diterapkan di PAUD dibandingkan dengan pola asuh otoriter dan permisif, dan dianggap sebagai pola asuh terbaik karena dapat membentuk anak menjadi individu yang mempercayai orang lain, bertanggung jawab terhadap tindakan mereka, tidak munafik, dan jujur. Simpulannya adalah bahwa tingkat pendidikan orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pola asuh anak usia dini di PAUD. . Kata Kunci: anak usia dini, orientasi pola asuh, tingkat pendidikan

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mohzana Drs.Mohzana
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:43
Last Modified: 27 Jun 2024 06:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5558

Actions (login required)

View Item View Item