Handayani, Fitriana and Aminah, Aminah and Mohzana,, Mohzana (2023) LoA-KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS X MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI SPEECH TO TEXT PADA GAWAI. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7 (1). ISSN 2597-5218
![]() |
Text
24)SIN_2.PDF Restricted to Registered users only Download (439kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis atau menghasilkan karya tulis dengan memanfaatkan media aplikasi speech to text pada perangkat gawai. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis karya sastra, khususnya puisi, melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas X-6 di SMAN 6 Mataram. Dalam penerapan model PjBL, penelitian ini juga memadukan Lesson Study untuk memonitor perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa dari tahap prasiklus hingga siklus II. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan 33 siswa sebagai sampel. Penelitian ini terdiri dari beberapa siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hingga 80% dalam hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran PjBL dan pemanfaatan media aplikasi speech to text dibandingkan dengan tahap prasiklus atau awal pembelajaran. Sehingga melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) memberikan banyak pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis siswa kelas X-6 di SMAN 6 Mataram. Kata Kunci: Menulis, PjBL, Puisi, Speech to Text
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mohzana Drs.Mohzana |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 06:42 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 06:42 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |