PENGARUH PENERAPAN CASE METHOD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN KRIDA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

HUDA, NAJMUL (2023) PENGARUH PENERAPAN CASE METHOD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDN KRIDA TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
ARTIKEL NAJMUL HUDA.pdf - Submitted Version

Download (617kB)
[img] Text
SKRIPSI NAJMUL HUDA.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Najmul Huda (2022): Pengaruh Penerapan Case Method Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Krida Tahun Pembelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh tentang bagaimana pengaruh case method terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Krida Tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen, dengan jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental Desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va yang berjumlah 24 orang. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan uji pre test dapat dilihat bahwa 90% lebih siswa tidak memenuhi standar KKM yang ditentukan sebesar 75 dengan nilai rata-rata untuk hanya 50,56. Kemudian hasil post test 79% siswa memenuhi standar KKM yaitu dengan nilai skor rata rata yang berada diangka 81,39. Kemudian hasil uji normalitas nilai signifikansi adalah 0,049, yang artinya data terdistribusi normal. Sesuai dengan ketentuan yang berbunyi bahwa data dikatakan terdistribusi normal apabila nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05, yang mengindikasikan bahwa Ho yang berbunyi tidak ada penagruh case method terhadap daya bepikir kritis siswa kelas V SDN Krida di tolak, dan Ha yang berbunyi ada penagruh case method terhadap daya berpikir kritis siswa kelas V SDN Krida di terima.Uji t, dimana nilai signifikansi yang di temukan adalah 0,00 yang atinya lebih kecil dari 0,05 yeng memberi kesimpulan bahwa Ha di terima dan Ho ditolak. Begitu juga hasil uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel, dimana t hitung diperoleh adalah 4,114 yang lebih besar dari t tabel sebesar 2,069. Kemudian berdasarkan syarat yang telah ditetapkan yaitu standar KKM sebesar 75, maka penitian dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh case method terhadap daya bepikir kritis siswa kelas V SDN Krida. Kata kuci : Case Method, Kemapuan Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zurriyatun Thayyibah
Date Deposited: 13 May 2024 02:12
Last Modified: 13 May 2024 02:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5575

Actions (login required)

View Item View Item