Ningsih, Anggi Rahma (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FUN READING ACTIVITY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 2 SURADADI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. (Submitted)
Text
ARTIKEL ARN (Fix) pdf.go.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
Abstract
ABSTRAK Anggy Rahma Ningsih, (2022), Pengaruh model pembelajaran Fun Reading Activity Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Suradadi Tahun Pelajaran 2022/2023. PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Hamzanwadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran fun reading actifity. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model fun reading activity terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri Suradadi Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain one group pretest posttest design. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV sebanyak 20 orang siswa.. Teknik pengumpulan data menggunakan tes cerita untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan model fun reading activity. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistik deskriptif. Uji hipotetsis dilakukan menggunakan uji-t. Sebelum data di analisis, instrumen di uji validitas dan reabilitasnya. Setelah data terkumpul, kemudian dilakukan analisis hasil pretest dan posttest. Hasil tes pada pretest mencapai rata-rata 65, berada pada kategori cukup. Kemudian pada hasil tes posttest rata-rata meningkat menjadi 74,85 dengan kategori baik. Untuk uji normalitas data menggunakan chi-kuadrat, sedangkan teknik uji hipotesis menggunakan analisis uji t-tes. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,987 > 1,729. Hal ini berarti bahwa hipotesis yang diterima yaitu ada pengaruh signifikan pada penggunaan model fun reading activity terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SD Negeri suradadi Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata kunci: model fun reading activity, motivasi belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Zohratul Hasanah |
Date Deposited: | 13 May 2024 03:02 |
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:45 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/5587 |
Actions (login required)
View Item |